Rabu, 09 Maret 2016

Pelantikan Pramuka SMP Labschool Jakarta


PELANTIKAN PRAMUKA

Pramuka SMP Labschool Jakarta

Pada hari sabtu tanggal 27 Februari kemarin, SMP Labschool Jakarta mengadakan acara pelantikan pramuka untuk kelas 7. Acara ini dilaksanakan di Studio Alam TVRI Depok. Kami semua harus berkumpul pada pukul 6 pagi. Kami berkumpul di Hall Masjid untuk persiapan pemberangkatan  dan diberangkatkan pada pukul 7 pagi. Kami semua berangkat menggunakan tronton. Di dalam satu tronton terdapat beberapa regu. Pada saat di perjalanan, kita yang berada di tronton menikmati perjalanan dengan mengobrol, bernyanyi bersama dan lain-lain. Sampai tidak terasa kita sudah sampai di tempat tujuan pada pukul 9 pagi.

Sesampainya di tempat tujuan, kami turun dari tronton dan langsung menuju lapangan untuk acara pembukaan. Setelah pembukaan, kita diberi kesempatan untuk duduk dan minum. Pada saat kita sedang beristirahat, ketua regu dipanggil untuk berkumpul dan diberikan beberapa materi. Saat kita berkumpul dengan regu masing-masing kita disuruh untuk mengerjakan beberapa soal untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Setelah mengerjakan dan mengumpulkan soal setiap regu disuruh untuk berbaris dan menunggu giliran untuk menuju ke pos-pos. Menuju pos-pos adalah sebuah acara game tentang ke-pramukaan.
           

Regu saya pun mendapatkan giliran untuk berjalan. Kami pun berjalan dan menuju ke pos pertama. Disana, kita di tes hafalan tentang trisatya dan dasadarma. Saat hafalan dasadarma beberapa orang dari regu kita pun juga ditanyakan tentang contoh pengamalan dasadarma dalam kehidupan sehari-hari. Saat pos pertama sudah dilaksanakan, kita menuju k epos kedua. Ternyata di pos ke 2 adalah tes semaphore. Pertama kita diberikan contoh gerakan semaphore untuk dihafalkan. Untuk melanjutkan ke pos selanjutnya, kita harus menebak kata apa yang digerakkan oleh kakak Pembina pramukanya. Ternyata, regu saya dapat menjawab duluan dan diberikan kesempatan untuk menuju ke pos selanjutnya lebih dulu. Di pos ke 3, kita disuruh untuk membuat tandu dengan tali simpul. Membuat tandu tidak terlalu mudah. Regu sayapun juga dibantu sedikit oleh kakak pramuka kelas 8 untuk membuat tandunya. Ternyata tandu yang dibuat di pos ke 3 digunakan untuk melaksanakan pos ke 4. Di pos ke 4 kita haru melewati beberapa rintangan yang cukup sulit dengan mengangkat tandunya. Tetapi di atas tandu itu terdapat salah satu orang dari tiap regunya. Dengan usaha kita ternyata kita dapat menyelesaikan semua pos itu. Waktu sudah menunjukkan pukul 12 siang. Saat kami kembali ke lapangan tempat berkumpul, ternyata disana masih ada satu materi yang belum terlaksanakan. Materi yang belum terlaksanakan adalah materi PBB. Kami semua di ajarkan cara hormat, istirahat di tempat, bersiap yang benar menggunakan tongkat. Selesai mendapatkan materi, ternyata kami disuruh untuk mengerjakan soal tentang kepramukaan baru kita diperbolehkan untuk beristirahat. Akhirnya regu sayapun selesai mengerjakan soal dan beristirahat. Waktu istirahat digunakan untuk beberapa kegiatan, ada yang jajan, bermain, shalat, dan mengobrol bersama teman-temannya. Istirahat pun sudah berakhir, sekarang waktunya makan siang. Tetapi makan siangnya tidak makan sendiri- sendiri. Kita berkumpul dengan regu masing-masing dan saling bertukar bekal yang dibawa. Selesai makan siang, kami semua disuruh berbaris di lapangan untuk melaksanakan upacara pelantikan. Kami semua diberi tanda untuk menandakan bahwa kita sudah semua sudah dilantik. Selesai dilantik, kami disuruh untuk mengambil tas masing-masing dan menuju ke tronton. Kita pulang pada pukul 15.30. Sama seperti berangkat, kita di tronton mengobrol bersama, bernyanyi bersama dan ada juga yang tidur karena kecapekan. Tidak terasa kita sudah sampai di sekolah pada pukul 5 sore. Kita pun pulang ke rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar